Senin, 09 Februari 2009

fenomena dukun cilik asal jombang......."sugestikah???"


masih ingat kah temen2 semua tentang dukun cilik asal jombang yang bernama M.ponari dengan batu bertuah nya,mungkin masih segar dalam ingatan kita bagai mana seorang bocah yang berumur 9 tahun tersebut dapat mengobati berbagai penyakit hanya dengan sebuah batu,beribu2 orang berebut hanya untuk mendapatkan air yang telah di celupkan batu tersebut,hingga berita yang tersebar saya dengar karena banyak nya orang yang datang mengakibatkn korban jiwa,sebuah fenomena yang susah di terima oleh akal kita..

tapi itulah kenyataan nya,banyak yang menganggap bahwa penyakit yang di derita nya akan sembuh setelah meminum air yang telah di celupkan batu milik dukun cilik tersebut.
sulit memang untuk mengetahui bagai mana proses sembuh nya penyakit karena sebuah batu,mungkin kah sugesti yang dipunya sang pasien yang menyembuh kan penyakit nya ataukah memang batu tersebut bertuah...wallahualam..,ntah mengapa masyarakat kita sekarang gampang sekali percaya akan hal2 seperti itu,mungkin kah ini salah satu ekspresi dari keputus asaan masayarakat karena susah nya beban hidup,segalanya mahal dan termasuk obat-obatan medis,sehingga masyarakat berfikir hanya hal hal tersebut yang dapat membantu mereka.
yang saya takutkan adalah rusak nya mental masyarakat kita dengan ada nya hal2 seperti itu,mungkin mereka bisa berfikir bahwa benda mati berupa batu tersebut lah yang menyembuhkan penyakit mereka,padahal pada dasar nya hanya allah lah yang mengizinkan kesembuhan meraka,batu tersebut mungkin hanya media perantara untuk menyampaikan pada masyarakat akan kebesaran allah swt.ditambah banyak nya stasiun2 TV yang menyiarkan acara2 yang bersifat klenik,contoh nya saya "ketik reg ****" bukan kah itu hanya akan mengajarkan pada masyarakat kita untuk percaya hal2 tersebut dan melupakan tuhan.disini lah peran para ulama dan pemerintah untuk menjaga mental masyarakat kita untuk menjadi manusia yang menggunakan akal nya untuk bertindak.
mudah2n masyarakat kita berfikir secara rasional tidak sejelak apa yang saya takutkan,kita memang harus berusaha dan berikhtiar untuk merubah kehidupan kita,entah itu jodoh,kekayaan,kesembuhan dari penyakit, atau yang lain2 tetapai kita tidak boleh meninggalkan atau melupakan tuhan,berserah lah diri kepada nya karena hanya dia pemilik segala nya...

6 komentar:

Dhie mengatakan...

Tahun 2009 kok masih ada ajah yang percaya begituan,
padahal belum terbukti bahwa air ntu mujarb,,,
.
.
.
Hati2 saking percayanya ntar malah bisa musyrik.

melati mengatakan...

kasian....

FREEDOWNLOAD mengatakan...

hARUS gmn lagiii..?

Spirit Rakhmat mengatakan...

Ya nih gak nyangka koq ramainya gila2an gitu... trus disini timbul rasa percaya hanya karena batu kecil saja itu sudah termasuk musyrik. Semoga kita terjauh dari hal2 yang sedemikian.

eRGe mengatakan...

Saya pikir karena obat2 medis yg dijual udah pada mahal2 jadi gak bisa di salahkan mereka jg karena smua orang itu pasti gak mau sakit gimn pun cara nya, tp kalaw udah kayak gini aq jg kwatir udah mempercayai sesuatu yg berlebihan malahan sampe nyawa melayang..wah itu nama nya nenek musyrik aduh kasihan benerrr.

1000jalan mengatakan...

Ketika kita sakit lalu meminum obat dari dokter hingga kita sembuh, apakah sugesti itu datang dari obat/dokter?
ada satu hadist yg diriwayatkan oleh Imam Ahmad,"Hai hamba-hamba Alloh, berobatlah kalian, karena sesungguhnya Alloh swt tidak sekali-kali membuat penyakit melainkan Dia membuat pula obatnya, kecuali satu penyakit, yaitu penyakit ketuaan."
oleh karenanya bagi yang sudah berobat dan memang sembuh.. banyak-banyak bersyukur dan bertobat kepada Alloh swt, karena hanya pertolongan Alloh segala sesuatunya bisa terjadi.

"Magical Template" designed by Blogger Buster